Sabtu, 06 Januari 2007

LEMBAR KERJA MICROSOFT EXCEL



LEMBAR KERJA MICROSOFT EXCEL





Sebelum mulai memasuki pembahasan Microsoft Excel, ada baiknya kita mengenal lebih dulu bagaimana tampilan Microsoft Excel itu, beserta beberapa istilah-istilah umum yang akan digunakan. Beberapa istilah-istilah umum yang diberikan pada gambar dibawah ini akan banyak digunakan dalam pembahasan selanjutnya, sehingga akan lebih baik bila kita menghafalkannya dengan baik.





Keterangan gambar:





  • Halaman worksheet terdiri atas kolom (diberi label sesuai abjad) dan baris (diberi label sesuai angka penomoran). Irisan antara kolom dan baris disebut sel (cell).


  • Sel dapat berisi angka, huruf, rumus atau kombinasi dari ketiganya.


  • Pointer sel adalah kotak yang menunjukkan sel yang Anda kerjakan saat ini.


  • Title bar merepresentasikan nama MS Excel file yang sedang dikerjakan.


  • Menu bar meliputi tools yang dapat dipergunakan untuk bekerja. Untuk memilih menu, klik pada ikon menu tersebut.


  • Name box menunjukkan alamat dari sel yang aktif (sel yang sedang dikerjakan).


  • Rumus (Formula) menunjukkan rumus yang dipergunakan untuk sel yang sedang aktif. Anda dapat mengedit rumus yang telah digunakan pada tempat ini.


  • Toolbars mengandung tombol-tombol. Toolbar standar berada di bagian kiri dan mengandung tombol-tombol yang umum dipakai dalam operasi MS Excel.


  • Formatting toolbar berada di sebelah kanan Toolbar standar, mengandung tombol-tombol yang digunakan untuk memformat worksheet. Setiap tombol diberi symbol yang mirip dengan kegunaannya.


  • Sheet tabs menunjukkan worksheet yang saat ini dioperasikan. Di dalam satu halaman workbook, terdapat beberapa worksheet. Tombol navigasi sheet akan membantu Anda berpindah dari satu sheet ke sheet lain.


  • Status bar adalah menunjukkan status aktif dari Num Lock dan Caps Lock.


  • Office assistant berfungsi untuk memberi penjelasan bila Anda tidak mengetahui menu atau cara kerja MS Excel (Help).




Dalam merencanakan dan mendesain sebuah worksheet, terdapat beberapa hal penting:





  • Tentukan fungsi worksheet, sehingga dapat disesuaikan dengan penamaan file


  • Tentukan output dari worksheet tersebut.


  • Kumpulkam informasi, data yang akan menjadikan input file.


  • Tentukan rumus yang digunakan (bila ada) untuk perhitungan.


  • Buat worksheet sesuai desain Anda.




Beberapa tombol keyboard yang sering digunakan untuk membuat worksheet di Excel, antara lain:



Backspace : Menghapus karakter di kiri kursor (dalam satu sel).



Delete : Menghapus kursor di kanan kursor (dalam satu sel).



Enter : Ganti sel (pindah baris).



End : Memindahkan kursor ke belakang karakter terakhir dari sel tempat kursor tersebut tadi berada.



→ : Memindahkan kursor 1 karakter ke kanan.



↑ : Memindahkan kursor 1 baris ke atas.



↓ : Memindahkan kursor 1 baris ke bawah.



PgUp : Memindahkan kursor 1 layar ke atas.



PgDn : Memindahkan kursor 1 layar ke bawah.


Tab : Memindahkan pointer sel aktif ke sel di sebelah kanannya (pindah satu kolom)


0 komentar: